Kegiatan Santri Pondok Modern Al-Mitsaq di Bulan Ramadhan

Seperti tradisi Ramadhan di tahun sebelumnya, Ramadhan kali ini di Pondok Modern Al-Mitsaq juga diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Untuk menjaga agar kegiatan puasa dan ibadah lainnya lebih khusyuk di bulan Ramadhan, maka pimpinan pondok sudah meliburkan kegiatan belajar mengajar 10 hari dari sebelum tiba puasa Ramadhan. Diantara kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh santri adalah sebagai berikut:

Tahfiz Al-Quran.

Di setiap Bulan Ramadhan, santri Al-Mitsaq diharuskan menghapal setengah juz Al-Quran. Hal itu bertujuan untuk meringankan kewajiban hapalan mereka yang seharusnya 1 juz dalam setahun

Sorogan Kitab Kuning

Tidak seperti tahun sebelumnya, kali ini Ramadhan di Pondok Modern Al-Mitsaq diisi dengan pengajian mengkhatamkan dua buah Kitab Kuning, yaitu Kitab Matan at-Taqrib untuk bidang Fiqih, dan Kitab karya Syeikh Imam Nawawi Al-Bantani di bidang Tauhid, yaitu kitab Fathul Majid. Pengajian dilaksanakan setiap pagi sejak Pukul 10.00 – 12.00 dan malam Pukul 21.00 – 23.00 serta dipimpin langsung oleh pimpinan pondok, KH. Iman Firdaus, Lc., Dipl., M.E.

Kerja Bakti dan Tanzif ‘Am

Selain kegiatan ibadah, ada juga kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan Pondok, seperti bersih-bersih umum (Tanzif ‘Am), menyiram tanaman di seantero kampus pondok, dan menggali kolam penampungan limbah dapur dan kamar mandi. Semuanya dijalani santri dan para ustadz dengan penuh keikhlasan dan sukacita.


Tinggalkan Balasan